Iniasiasi Tuan Rumah “Our Ocean Conference”, Pemerintah RI Diapresiasi

oleh

JENDELANASIONAL.COM —Indonesia akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference 2018 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 29-30 Oktober 2018.

Menurut Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana, Konferensi ini sangat penting karena akan membicarakan berbagai masalah yang terkait dengan laut.

“Wilayah laut saat sekarang tidak kalah pentingnya dengan wilayah darat. Berbagai sumber kehidupan berasal dari laut, laut pula telah menjadi media penghubung antar negara, bahkan laut telah lama menjadi sumber konflik antar negara,” ujar Hikmahanto di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Oleh karena itu, katanya, umat manusia sudah sewajarnya menjaga kelestarian laut dan berbagai sumber kekayaannya. Laut juga perlu untuk dihindari sebagai ajang konflik antar negara.

“Disinilah pentingnya pemerintah perlu diapresiasi karena mengambil inisiatif untuk menjadi tuan rumah OCC 2018,” ujarnya.

Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia berkesempatan untuk menyampaikan berbagai aspek dari laut untuk dikaji oleh masyarakat internasional.

Menurut Hikmahanto, meski secara dimensi kewilayahan laut dapat dibagi-bagi, namun secara alamiah laut adalah satu. “Oleh karenanya keberlangsungan laut akan bergantung pada kesadaran dan upaya masyarakat internasional untuk melakukan berbagai tindakan nyata,” pungkasnya. (Ryman)