Kedamaian Papua Jangan Hanya Sebatas Slogan

oleh

JAKARTA-TNI dan Polri mengajak masyarakat Papua mewujudkan harapan untuk menjadikan Papua sebagai daerah yang aman dan damai. Kedamaian di Papua diharapkan bukan hanya slogan tanpa makna.

“Kami ingin Papua aman dan damai. TNI dan Polri berkomitmen untuk itu. Perlu dukungan masyarakat luas untuk mewujudkan itu agar tidak sekadar menjadi sebuah slogan,” kata Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar di Timika, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/11/2017).

Boy mengharapkan dukungan luas dari masyarakat Papua untuk meniadakan orang-orang sipil bersenjata agar mereka tidak membahayakan keselamatan nyawa orang lain.

“Membawa senjata api, apalagi digunakan untuk kepentingan melawan hukum, itu sangat membahayakan. Tidak dibenarkan senjata api dipegang oleh masyarakat sipil untuk melakukan tindakan atau perbuatan melawan hukum, apalagi menghilangkan nyawa orang lain,” kata Boy.

Menurut Boy, saat ini bukan zamannya lagi melakukan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

“Sekarang sudah zamannya membangun, butuh kerja keras. Tindakan memaksakan kehendak melalui pemikiran yang anarkis, radikal tidak akan bisa diterima oleh orang banyak,” ujarnya.