Mgr. Vincensius Sensi: Umat Katolik Harus Hadir Signifikan dan Relevan

oleh
Foto para uskup dan tokoh masyarakat Flobamora, NTT, pada Minggu (18/11/2018). (Foto: Ist)

JENDELANASIONAL.COM — Uskup Keuskupan Agung Ende, Mgr. Vincensius Sensi Potokota, mengajak umat Katolik agar terus berkontribusi bagi Gereja dan bangsa Indonesia. Untuk itu, umat Katolik harus hadir baik secara signifikan maupun relevan.

“Kita umat Katolik hadir di bangsa ini secara signifikan dan relevan. Secara signifikan maksudnya hadir penuh berperan. Kita hadir berperan untuk hidup santun, bertoleransi dan berdemokrasi di NKRI. Kemudian berkaitan dengan relevan, kita mesti memperlihatkan kualitas kehadiran kita, dimana memberi kesaksian nilai Katolik  untuk bangsa kita. Kita juga hadir relevan sesuai dengan perkembangan yang ada,” ujar Mgr. Vincensius Sensi, dalam kata sambutan pada acara misa “Pisah Sambut Uskup Maumere”, dari Uskup Mgr. Gerulfus Kherubim Pariera (emeritus) kepada Mgr. Ewaldus Sedu, di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (18/11/2018).

Uskup Sensi mengatakan, kegiatan tersebut semakin mempersukan umat sebagai satu umat Katolik yang universal.

“Terima kasih atas kehadiran kita di sini sebagai murid Yesus, sebagai anggota Gerjea Katolik. Sebagai Uskup, kami berharap kegiatan kita ini semakin mempererat  kekompakan. Kita adalah satu iman dalam Gereja Katolik sebagai bagian dari gereja universal. Kami berharap tetap kompak sebagai murid Yesus dan sebagai masyarakat NTT,” katanya.

Mgr. Vincensius mengatakan bahwa para uskup merupakan simbol persatuan. Karena itu, dia mengimbau umat Katolik agar tetap terpanggil sebagai bangsa Indonesia yang 100 persen, dan juga Katolik 100 persen.

“Saya ingat himbauan para gembala (Uskup) se-Indonesia supaya masyarakat Katolik merasa terpanggil untuk terus menjadi umat Katolik dan warga Indonesia yang 100% Katolik dan 100% Indonesia,” ungkap Mgr. Sensi.

Pada kesempatan itu, Mgr. Sensi juga menyampaikan terima kasih kepada Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira yang telah memimpin Keuskupan Weetebula dan Keuskupan Maumere.

“Sebagai Uskup mewakili 9 Uskup (NTT) atas nama mereka semua saya mengucapkan terima kasih kepada Uskup emeritus yang sudah mengabdi dengan setia dan sudah menjadi sumber inspirasi bagi kami. Terima kasih sebagai gembala umat kita di NTT,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat  untuk Uskup Keuskupan Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu. “Selamat bergabung bersama Waligereja,” lanjutnya.

Misa umat Katolik Flobamora ini dibalut dalam nuansa inkulturasi, untuk menyambut Uskup baru Keuskupan Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu. Misa ini juga sebagai ungkapan syukur untuk Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira yang telah memimpin Keuskupan Weetebula dan Keuskupan Maumere. (Ryman)