“Rumah Energi Bersih”, Booth ESDM di Indonesia Infrastruktur Week

oleh
Kementerian ESDM pada pameran Indonesia Infrastruktur Week 2018 yang dihelat selama 3 hari pada tanggal 31 Oktober s.d. 2 November 2018. (Foto: esdm.go.id)

JENDELANASIONAL.COM – Sebagai upaya menyebarkan informasi terkait capaian sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian ESDM turut berpartisipasi pada pameran Indonesia Infrastruktur Week 2018 yang dihelat selama 3 hari pada tanggal 31 Oktober s.d. 2 November 2018.

Di dalam booth bertema “Rumah Energi Bersih” tersebut, Kementerian ESDM menampilkan berbagai capaian pembangunan infrastruktur sektor ESDM di subsektor Migas, Ketenagalistrikan, EBTKE, BPH Migas, Balitbang, BPSDM, serta Dewan Energi Nasional.

Pameran yang dilangsungkan di Jakarta International Expo, Kemayoran ini dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada (31/10) didampingi oleh beberapa menteri kabinet kerja.

“Pembangunan infrastruktur di berbagai sektor, seperti pembangunan jalan tol, rel kereta, waduk, jaringan irigasi, pembangkit tenaga listrik, batas negara, jalan, waduk, bandara dan infrastruktur-infrastruktur lainnya,” ujar Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan bahwa Pemerintah sedang berkonsentrasi penuh dalam pembangunan infrastruktur di berbagai sektor. Hal tersebut tidak lain dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan biaya transportasi, logistik, bukan saja untuk mempercepat pembangunan ekonomi tapi juga mempersatukan Indonesia, dan bisa memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jadi jangan hanya dilihat dari urusan ekonomi tapi juga menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” lanjut Joko Widodo.

Booth Kementerian ESDM menyajikan Rasio Elektrifikasi dan One Single Submission dari Subsektor Ketenagalistrikan. Di subsektor migas capaian yang ditampilkan adalah Jaringan Gas Kota, konverter kit, dan BBM Satu Harga. Sedangkan subsektor EBTKE menyampaikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi. Untuk subsektor Balitbang menyampaikan Kompor Dimetil Ether (DME), BPSDM menyampaikan daftar diklat ESDM, serta untuk DEN menyampaikan Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Selain menampilkan materi capaian, untuk menggaet partisipasi pengunjung, di dalam booth juga disediakan games kahoot, juga tampilan One Single Submission dalam bentuk touch screen. (Ryman)