3 Hewan Ini Sangat Setia ke Manusia: Anjing, Kucing…

Memelihara hewan piaraan, termasuk anjing adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang.

Dengan adanya hewan peliharaan, manusia juga dapat menghindar dari kesepian.

Berikut 3 hewan piaraan yang sangat setia pada pemiliknya:

Kisah tentang anjing Hachiko yang setiap hari menunggu pemiliknya yang sudah meninggal tentu tak asing lagi di telinga kita. Telah banyak bukti mengenai kesetiaan yang dimiliki oleh anjing.

Lantas, mengapa mereka begitu setia? Mengutip dari laman resmi Purina, merek makanan anjing terkenal, kesetiaan tersebut hadir karena hubungan timbal balik.

Pemilik telah memberi tempat berteduh serta mencukupi makanan anjing peliharaannya setiap hari. Alasan ilmiahnya yaitu karena anjing merupakan keturunan dari serigala yang telah dijinakkan. Hubungan timbal balik antara anjing dan manusia telah diwariskan melalui gen.

Namun, kesetiaan anjing tidak semata-mata hanya karena diberi makanan. Intensitas dan kasih yang diberi setiap hari juga membuat anjing sangat setia. Eksperimen yang dilakukan Science Direct pada tahun 2005 menunjukkan bahwa anjing sangat bereaksi kuat terhadap aroma pemiliknya. Bagian otak anjing yang merangsang sinyal positif serta kebahagiaan segera bereaksi saat menemui aroma pemiliknya.

Hewan menggemaskan ini tak kalah setia dengan anjing. Ikatan dengan pemilik yang ditunjukkan kucing mungkin tak sama dengan anjing.

Penelitian dari Oregon State University menunjukkan bahwa kehadiran pemilik membuat kucing merasa aman dan menenangkan. Perilaku yang ditunjukkan oleh kucing ini dinamakan secure attachment.

Dilansir dari Animals Area, beo tidak dapat hidup tanpa pemiliknya. Hal ini dikarenakan beo merupakan spesies yang tidak dapat bertahan hidup apabila sendirian. Apabila beo dipelihara, sudah pasti yang menemaninya dan yang ia lihat adalah pemiliknya.

Itulah tiga hewan paling setia, termasuk anjing, yang dapat dipelihara di dalam rumah. Namun, perlu diingat bahwa kesetiaan hewan juga tergantung bagaimana pemilik memperlakukannya.

VIOLA NADA HAFILDABaca : Kiat Mengatasi Alergi Kucing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.