8 Tips Menurunkan Berat Badan tanpa Diet

Banyak yang berasumsi bahwa diet adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Jika Anda tidak membatasi jumlah kalori, menambahkan makanan hambar ke dalam diet Anda atau membuat diri Anda kelaparan, Anda tidak akan pernah bisa menurunkan berat badan.

Berlawanan dengan kepercayaan populer ini, Anda tidak perlu melewati kesulitan ini agar pas dengan jeans lama. Makan bersih dan sehat adalah prinsip utama untuk menurunkan berat badan. Ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda, yang lebih penting daripada sekadar menurunkan berat badan.

Berikut 7 cara menurunkan berat badan tanpa diet seperti dilansir dari laman Times of India

1. Makan makanan padat nutrisi

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah memasukkan makanan padat nutrisi. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan dikemas dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara efisien. Mereka juga rendah kalori dan kandungan lemak tidak sehat, dua faktor yang diperlukan untuk menurunkan berat badan. Makan makanan padat nutrisi juga dapat membantu mengelola kadar kolesterol, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan masalah jantung.

2. Hindari makanan olahan

Memasukkan junk food dan makanan olahan tinggi ke dalam diet adalah alasan utama kenaikan berat badan. Jadi, tentu saja, ketika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, Anda perlu menghilangkan kelompok makanan olahan dari diet Anda. Makanan olahan tinggi sodium dan kandungan lemak tidak sehat. Ini berkontribusi pada penambahan berat badan, masalah kardiovaskular dan masalah ginjal. Jadi, hindari gula rafinasi, minyak, tepung dan tambahkan makanan yang lebih sehat dan asli ke dalam diet Anda.

3. Hindari gula

Gula tidak lebih dari kalori biasa. Tidak memiliki nutrisi dan tidak mendukung sistem internal Anda dengan cara apa pun. Makan gula lebih berbahaya bagi kesehatan daripada kebaikan. Ini dapat menyebabkan peradangan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, kanker dan bahkan membuat Anda terlihat lebih tua. Saat Anda ingin menjalani hidup sehat dan menurunkan berat badan, singkirkan semua jenis gula dari diet Anda. Alih-alih memilih alternatif yang lebih sehat seperti jaggery, madu, dan stevia. Tapi cobalah untuk tidak berlebihan.

4. Cukup protein

Jumlah asupan protein yang cukup sangat penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Menambahkan protein ke ketiga makanan Anda juga dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mencegah mengunyah yang tidak sehat. Protein juga membantu menggantikan lemak dengan otot tanpa lemak, yang penting untuk tetap fit dan sehat.

5. Tambahkan lemak baik

Kebanyakan orang takut menambahkan lemak ke dalam makanan mereka karena kesalahpahaman bahwa itu akan menyebabkan penambahan berat badan. Pada kenyataannya, lemak tidak menyebabkan penambahan berat badan jika Anda menambahkan lemak sehat ke dalam diet Anda. Lemak sama pentingnya dengan zat gizi makro lainnya seperti karbohidrat dan protein. Ini membantu kita tetap hangat, meningkatkan kekebalan, memperbaiki kondisi kulit dan juga membuat kita kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan NEAT

Jika Anda tidak suka olahraga, jangan khawatir, Anda masih bisa menurunkan berat badan dengan meningkatkan NEAT atau (non-exercise activity thermogenesis). Ini mengacu pada energi yang Anda bakar saat melakukan tugas sehari-hari kecuali tidur, makan, dan berolahraga. Pergi keluar untuk membeli bahan makanan, duduk, membersihkan rumah atau mencuci semuanya NEAT. Meningkatkan aktivitas harian Anda dapat membantu Anda membakar kalori dalam jumlah yang cukup tanpa perlu pergi ke gym.

7. Lakukan intermitten fasting

Intermitten fasting bukanlah tren diet, itu adalah pola makan. Ini adalah rencana diet di mana seseorang harus makan sesuai dengan ritme sirkadian. Puasa dapat membantu menyembuhkan tubuh, mempercepat metabolisme dan juga mempercepat proses penurunan berat badan. Dalam hal ini Anda tidak perlu membatasi kelompok makanan apa pun, cukup makan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.