Awas, 5 Virus Komputer Paling Berbahaya

TEMPO.CO, Jakarta -Virus komputer adalah suatu program komputer yang bisa menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Selain itu, virus komputer bisa mencuri informasi pribadi seorang pengguna dan digunakan sebagai alat untuk meminta sejumlah imbalan (pemerasan) kepada si korban.

Saat ini, virus komputer sudah semakin banyak ragam dan jenisnya. Mengutip dari acerid.com, Minggu,30 Januari 2021, berikut ini adalah lima jenis virus komputer yang berbahaya dan patut Anda waspadai.

Storm Worm adalah virus komputer yang berjenis Trojan Horse yang menginfeksi komputer dan memungkinkan perangkat yang sudah diinfeksi dikendalikan dari jarak jauh dan digunakan untuk menyebarkan email spam.

Selain itu, virus ini dapat install rootkit untuk menyembunyikan program jahat pada sebuah komputer. Virus ini pertama kali menyebar melalui sebuah email pada 2007 ketika badai sedang melanda Eropa. Saat itu, banyak pengguna komputer yang menerima pesan palsu melaluiemail yang berisi informasi mengenai badai, tetapi isi dari pesan tersebut mengarah kepada sebuah situs yang membuat pengguna komputer memasang software yang berbahaya.

ILOVEYOU adalah sebuah virus komputer yang disebar melalui email dan populer di tahun 2000. Virus ini sangat berbahay karena bisa mengubah file dalam komputer, mengubah malware lainnya, dan mengganti data. Virus ini juga berisi program VBScript yang jika diklik akan membuat komputer yang terinfeksi mengirimkan virus tersebut ke semua kontak email.

Selanjutnya : MyDoom adalah sebuah virus yang penyebarannya sangat cepat…

12 Selanjutnya

MyDoom adalah sebuah virus yang penyebarannya sangat cepat. Virus ini pertama kali terseteksi pada 2004. Virus ini bisa memperlambat akses internet dan menyebabkan jutaan email terinfeksi dalam waktu 36 jam pertama. Virus ini bahkan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi Microsoft hingga US$ 38,5 Miliar, virus ini sangat berbahay karena mencuri informasi pribadi.

Black Shades adalah sebuah virus komputer yang berjenis Ransomware dan bisa mengunci file dari jarak jauh. Virus ini akan mencuri informasi pribadi pada komputer yang terinfeksi dan virus ini pertama kali terseteksi pada 2010. Bagi pengguna yang ingin memulihkan komputernya, diharuskan membayar sejumlah uang tebusan yang tertera.

WannaCry adalah sebuah virus komputer yang ramai dibahas pada 2017. Virus ini adalah virus komputer berjenis Ransomware dan menyebar sangat cepat waktu itu. Virus ini berbeda dengan kebanyakan virus komputer yang lain, virus ini akan mengunci file pada komputer dan membuat komputer tidak bisa diakses dan untuk memulihkannya harus membayr sejumlah uang dalam bentuk bitcoin.

Itulah lima virus komputer paling berbahaya yang pernah menyebar. Namun, seiring perkembangan teknologi, buka tidak mungkin di masa yang akan datang akan semkain banyak virus komputer yang berbahaya.

Sebelumnya 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.