Manfaat Penggunaan Daun Pisang Sebagai Alat Makan

Tidak dapat disangkal bahwa pohon pisang memiliki banyak kelebihan. Tidak hanya pisang dan jantung, manfaat daun pisang juga banyak ditemukan, baik untuk kesehatan maupun kegunaan lainnya. Di beberapa tempat, tukang kebun hanya menanam pisang sebagai tanaman hias. Namun di Asia, seperti di Indonesia, daun pisang digunakan untuk membungkus makanan sebelum dikukus atau dipanggang. 

Di Indonesia, Anda juga pasti sering melihat daun pisang yang digunakan sebagai pelapis atau untuk membungkus makanan dan kue. Berikut ini akan disebutkan manfaat daun pisang sebagai alat dapur yang sering digunakan di Indonesia. 

Manfaat Daun Pisang

  • Daun Ini Penuh Antioksidan

Daun pisang mengandung antioksidan yang tinggi. Daun ini mengandung banyak senyawa nabati seperti epigallocatechin gallate atau EGCG (juga ditemukan dalam teh hijau) dan antioksidan kuat lainnya. Bahan-bahan ini membantu meningkatkan kekebalan Anda dan menjaga diet Anda kaya nutrisi. 

Namun perlu diingat bahwa daun ini tidak bisa dimakan secara langsung, tetapi makanan yang Anda simpan akan menyerap nutrisi dari daun tersebut dan menjadi lebih sehat jika ditambah dengan nutrisi tambahan.

  • Memiliki Sifat Anti Bakteri

Daunnya juga dipercaya memiliki sifat antibakteri yang membantu melindungi makanan dari pembusukan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri. Oleh karena itu, makanan yang terkandung dalam daun ini bebas dari kuman atau kontaminasi dan membantu Anda tetap sehat dan mencegah kemungkinan penyakit.

  • Membuat Makanan Beraroma dan Terasa Lebih Lezat

Manfaat daun pisang selanjutnya adalah membuat masakan lebih beraroma dan nikmat. Hal ini karena daun pisang dilapisi dengan lilin yang dapat dimakan, yang memiliki aroma dan rasa yang khas dan unik. Saat dimakan dalam keadaan hangat pada daun ini, lilin pada daun akan meleleh dan menambah rasa pada hidangan, membuat hidangan lebih kaya dan lezat.

  • Cara Makan yang Higienis

Daun pisang ini jelas merupakan cara paling higienis untuk memesan makanan. Karena peralatan yang Anda gunakan sering dicuci dengan sabun, dan residu sabun kimia sering tertinggal di piring. Saat Anda makan dari piring, makanan bisa menyerap bahan kimia. Namun di sisi lain, daun pisang ditutupi dengan lapisan lilin yang membantu menjaga kotoran dan debu keluar. Selain itu, daun ini dapat dicuci dengan air bersih dan langsung digunakan sebagai alas makan.

  • Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Daun pisang juga sangat ekonomis dan membantu menghindari kerusakan lingkungan yang akan Anda timbulkan dengan membuang peralatan dapur bekas. Plastik yang digunakan di sebagian besar peralatan adalah sekali pakai, tidak mudah pecah dan karena itu berbahaya bagi lingkungan. 

Namun, tidak demikian halnya dengan daun pisang yang mudah terurai di lingkungan dan tidak berbahaya bagi alam. Jadi lupakan peralatan makan yang mahal, carilah daun pisang yang ekonomis, sehat dan ramah lingkungan. Ingin mendapatkan informasi mengenai gizi sehari-hari? Anda bisa mengunjungi Orami.co.id. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.