Nikmati Liburan Semester, Siswa dan Guru Dilarang Bepergian ke Luar Daerah

Pemerintahan di sejumlah daerah melarang siswa dan guru mengisi liburan ataupun merayakan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan melakukan perjalanan ke luar daerah. Mereka menindaklanjuti dicabutnya kembali aturan yang meniadakan masa liburan semester.

Larangan seperti yang diberlakukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Teddy Meilwansyah, Kepala Dinas Pendidikan, menyatakan telah terbit surat edaran tentang penanggulangan wabah Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 di daerah itu.

Dalam surat edaran yang merujuk kepada instruksi Mendagri Nomor 66 tahun 2021 itu pemerintah daerah mengimbau siswa dan tenaga pengajar untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. “Di masa libur semester ganjil pada 20 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 pelajar maupun guru tidak boleh ke luar daerah untuk mengantisipasi penularan virus corona di Kabupaten OKU,” katanya, Rabu 15 Desember 2021.

Dalam surat edaran itu para orang tua siswa juga diminta agar mendorong anaknya mengikuti program vaksinasi. “Jika mencapai 100 persen mudah-mudahan awal 2022 nanti Kabupaten OKU sudah bisa melaksanakan sekolah tatap muka secara penuh,” ujarnya.

Di Kota Yogyakarta, imbauan serupa juga diedarkan: agar siswa tidak berpergian meskipun sekolah akan diliburkan. Sekolah di daerah ini juga akan kembali mengacu pada kalender pendidikan awal yaitu meliburkan siswa usai berakhirnya semester ganjil.

“Kalau bisa di rumah ya, di rumah saja. Tetapi jika harus bepergian maka wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan dipastikan dalam kondisi sehat,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Ia mengingatkan bahwa menjalankan protokol kesehatan merupakan sebuah kewajiban karena saat ini masih dalam kondisi pandemi. Heroe merujuk kepada varian baru Omicron yang telah bermunculan di beberapa negara. “Ini yang harus tetap diwaspadai dan menjadi pembelajaran bersama,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Asrori, mengatakan, penerimaan rapor semester ganjil akan kembali dilakukan pada 23 Desember. “Secara resmi liburan semester dimulai pada 27 Desember dan siswa kembali melakukan kegiatan belajar mengajar pada 3 Januari 2022,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.