Selain Gulai Ikan Patin, Berikut 5 Masakan Khas Riau Lainnya

Riau merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan gulai ikan patin, juga beberapa masakan Melayu lainnya. Kira-kira apa saja?

1. Gulai Ikan PatinGulai ikan patin merupakan salah satu masakan khas Riau yang mudah dijumpai di berbagai rumah makan. Umumnya masakan ini berkuah kental kemerahan dengan potongan daging patin yang cukup besar.

Bercita rasa pedas gurih, gulai ikan patin enak dinikmati bersama nasi hangat dan sayur ubi.

2. Nasi LemakNasi lemak turut menjadi salah satu masakan khas Riau yang patut dicoba pengunjung. Makanan ini merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan pandan, sehingga menghasilkan cita rasa gurih.

Enak disantap di pagi hari, nasi lemak Riau umumnya ditambahkan pelengkap berupa ikan teri goreng, telur sambal, dan juga beberapa irisan mentimun. Tapi tak jarang pula nasi lemak dilengkapi dengan tempe, daging, sayur kacang panjang dan beberapa menu lain.

3. Sup TunjangSaat berkunjung ke Riau jangan sampai melewatkan kuliner satu ini, sebab masakan ini salah satu yang paling dicari di Riau. Sup tunjang merupakan kaldu yang terbuat dari kaki sapi yang dicampur berbagi jenis rempah-rempah, sehingga menciptakan rasa kaldu yang gurih, segar, dan khas.

Penikmat sup tunjang dapat menghisap sum-sum pada tulang, dan biasanya di tulang sup tunjang juga terdapat daging bertekstur lembut yang dibiarkan menempel.

4. Gulai CipuikGulai cipuik merupakan gulai berisikan siput yang sudah lebih dulu dibersihkan. Cara menikmati masakan ini ialah dengan menyedot langsung siput menggunakan mulut.

Masakan ini mudah sekali ditemukan di Riau, dan dijual mulai kisaran harga lima ribu per bungkusnya.

5. Mi SaguDi Riau, mi sagu diolah menjadi masakan serupa mi tiaw. Mi sagu biasanya ditumis dengan berbagi bumbu, lalu dihidangkan dengan sambal goreng ikan teri, tauge rebus, dan daun kucai.

6. Lopek BugiLopek bugi merupakan kue basah khas Riau yang umum dijadikan oleh-oleh. Lopek bugi sejenis lemet yang terbuat dari ketan, kemudian bagian tengahnya berisi kelapa ataupun isian lain. Oleh-oleh satu ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan, dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Selain gulai ikan patin, itulah lima khas masakan Riau yang patut dicoba.

DELFI ANA HARAHAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.