Tak Hanya Pengusir Nyamuk, Lavender Juga Bermanfaat bagi Kesehatan

Lavender dikenal sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Selain mampu menghilangkan nyamuk, lavender juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dikutip dari laman healthline.com, bunga yang memiliki warna ungu kebiruan itu memiliki sejarah yang cukup panjang dalam pengobatan herbal.

Kata lavender awalnya berasal dari akar bahasa latin “lavare” yang memiliki arti berari “mencuci.” Lavender pertama kali berasal dari Mesir Kuno. Saat itu, minyak yang ada pada lavender diunakan untuk proses mumifikasi.

Setelah itu, lavender mulai menyebar ke Persia Kuno, Yunani, dan Roma. Daerah-daerah tersebut mempercayai lavender dapat membantu memurnikan tubuh dan pikiran.

Namun, tumbuhan yang memiliki nama latin Lavandula angustifolia ini telah dikonfirmasi oleh banyak peneliti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Di antaranya dapat membantu mengatasi insomnia, kecemasan, rambut rontok, sakit kepala, efek samping dari kemoterapi, jerawat, luka bakar, kulit kering, penyembuhan luka, dan sampai dengan masalah pada suasana hati.

Manfaat-manfaat tersebut bisa muncul karena adanya minyak atsiri unik dalam lavender yang dapat merangsang saraf penciuman, yang pada gilirannya diproses oleh sistem limbik. Sehingga menyebabkan senyawa yang terdapat dalam lavender menghasilkan perasaan tenang dan rileks.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.